Pages

Rabu, 01 Mei 2013

Hardisk,PENGERTIAN,MACAM-MACAM,dan PENJELASAN

  • Pengetian Harddisk
Harddisk adalah media penyimpanan yang di desain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar.Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam suatu disket dan juga membutuhkan media penyimpanan berkas misalnya suatu database suatu instansi. fungsinya adalah sebagai media penyimpanan/storage data secara permanen.
  • Macam-macam hardisk
perbedaannya
  • Advanced Technology Attachment (ATA). ATA merupakan interface Hardisk yang paling populer dan banyak digunakan pada PC Desktop maupun PC Server. ATA menggunakan teknologi transfer data secara parallel (semua bit data dikirim secara bersamaan). Kecepatan transfer ATA sebesar 100MB/s atau dikenal dengan ATA/100 dan 133MB/s atau ATA/133. Saat ini teknologi ATA sudah mulai ditinggalkan dan diganti oleh  SATA.
  •  SATA, Serial-ATA (SATA) SATA merupakan interface hardisk yang menggunakan teknologi serial (data dikirim secara berurutan dengan sistem paket bit data). Dengan teknologi serial, transfer data di dalam sistem Hardisk menjadi lebih cepat dan efisien. Saat ini terdapat beberapa tipe sata yaitu 
  1.  SATA1 (transfer rate sebesar 150MB/s)
  2.  SATA2 (transfer rate sebesar 300 MB/ s) dan
  3.  SATA3 (transfer rate mencapai 600 MB/s).
 
keunggulan SATA dibanding ATA:
 
Dibanding ATA, Teknologi SATA tidak hanya unggul dalam hal kecepatan saja, tetapi ada beberapa keunggulan lain seperti : SATA bersifat hot plug, dapat dipasang dan dilepas saat komputer masih hidup. Kabel SATA lebih tipis dan panjang maksimal sampai dengan 1 meter, sedangkan kabel ATA hanya sampai 18 inch. Konektor yang menyerupai konektor USB lebih mudah dipasang daripada kabel ATA yang memiliki konektor 40 pin. Konsumsi tegangan listrik yang lebih rendah, dimana SATA hanya menggunakan 0.25 Volt sedangkan ATA menggunakan 5 Volt. bagaimanapun SATA lebih mahal di banding ATA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sari Azalea Yuliani Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea