Pages

Rabu, 03 Desember 2014

Augmented Reality

Do you know augmented reality?

Realitas tertambah,
atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Benda-benda maya menampilkan informasi yang tidak dapat diterima oleh pengguna dengan inderanya sendiri. Hal ini membuat realitas tertambah sesuai sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata.
Realitas tertambah dapat diaplikasikan untuk semua indera, termasuk pendengaran, sentuhan, dan penciuman. Selain digunakan dalam bidang-bidang seperti kesehatan, militer, industri manufaktur, realitas tertambah juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.

Pengertian Augmented Reality menurut para ahli :
Ronald T. Azuma (1997) mendefinisikan augmented reality sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.

Perangkat yang digunakan untuk membuat augmented reality:
  1. Head Mounted Display
  2. Opaque Head-Mounted Display
  3. See-Through Head-Mounted Display 
  4. Virtual Retinal Display 
  5. Tampilan Berbasis Layar

Kegunaan Augmented reality untuk:
  1. Kesehatan
  2. Manufaktur dan reparasi
  3. Hiburan
  4. Pelatihan militer
  5. Navigasi telepon genggam

Lihat contohnya disini :

ternyata indonesia juga sudah ada band yang memakai fitur ini check this 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sari Azalea Yuliani Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea